Minggu, 06 November 2011

Benarkah Bahasa Mempengaruhi Kehidupan Manusia?

NAMA        :  RIZKI KHAIRISUBHAN
NPM           :  15109717
KELAS       :  3 KA 14


Pada situasi saat yang mengahruskan kita untuk mengikutin perubahan zaman yang begitu cepat, segala seuatu yang serba modern. Begitupun dengan media penggunaan bahasa yang dapat mempengaruhi penggunaan bahasa itu sendiri. Media komunikasi pada era saat ini sangat memudahkan kita , namun dengan mudah juga mengantarkan kita pada pola yang salah dalam berbahasa.
Saat ini cenderung menggunakan kata - kata yang umum yang mudah dicerna dalam berkomunikasi namun tidak sesuai dengan aturan dalam bahasa itu sendiri.
Oleh karena itu , sangat penting bagi kita memahami segala seuatu yang terkandung dalam bahasa tersebut. Apalagi Bahasa Indonesia meiliki kosa kata yang cukup banyak dan memiliki aturan tersendiri. Ada kata baku dan kata tidak baku, dalam dua tipe kosa kata tersebut memiliki arti yang cukup penting karena dapat membedakan mana yang baik digunakan dalam dialog atau penulisan resmi. Kenyataannyan kini kata baku ataupun tidak baku sering digunakan dalam kegiatan resmi apalagi dalam keadaan bicaran non resmi. Itu yang menyebabkan semakin kurangnya kesadaran kita dalam berbahasa yang baik.
Oleh karena itu pengaruh bahasa itu sangat besar dalam kehidupan kita, contoh kecil misalnya dalam berbahasa kepada orang tua dan berbahasa kepada orang yang lebih muda dari kita. Jika kita memiliki kempampuan yang baik dalam berbahasa kita dapat membedakan cara berbahasa yang baik, baik itu kepada orang tua ataupun kepada yang setara dengan kita. Kata-kata yang digunakan dalam berbicara seseorang dapat mencerminkan kemampuan berpikir dan tingkat kepribadiannya. Kepribadian seseorang yang baik dapat memilih apa saja yang harus diucapkan dan dibicarakan. Tidak berlebihan jika seseorang yang pandai berbahasa Indonesia, ia akan merasa diterima dan dihargai oleh berbagai kalangan.
Mungkin cara yang tepat saat ini adalah dengan membiasakan berbahasa yang baik dalam kehidupan sehari hari agar aspek penting dalam berkomunikasi yaitu bahasa dapat kembal kepadana fungsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar